Home / Berita / PENTINGNYA KEWIRAUSAHAAN

PENTINGNYA KEWIRAUSAHAAN

13775813_1392811547400749_664983230704439266_nKewirausahaan (enterpreneur) merupakan persoalan penting di dalam perekonomian suatu bangsa yang sedang berkembang. Kemajuan atau kemunduran ekonomi suatu bangsa sangat ditentukan oleh keberadaan dan peranan dari kelompok wirausahawan ini (Rachbini:2002). Drucker (Kristanto:2009) menyatakan bahwa seluruh proses prubahan ekonomi pada akhirnya tergantung dari orng yang menyebabkan timbulnya perubahan tersebut yakni (entrepreneur). Sedangkan arti sederhana wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti (kasmir, 2007:18). Jadi wujud dari wirausaha menurut para ahli dapat di simpulkan bahwa sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara berkembang adalah para wirausahawan tersebut.

Pemerintahan Indonesia sebagai suatu negara yang membangun sumber daya manusia juga memberikan perhatian kepada perkembangan kewirausahaan di Indonesia sehingga persoalan wirausaha sebagai penopang perekonomian Indonesia dianggap penting, sebagaimana yang telah dinyatakan oleh Bapak Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) pada tahun 2009, bahwa ada tiga strategi utama yang harus dilakukan Indonesia, yaitu pemberdayaan, kewirausahaan, dan inovasi teknologi.

Terbukanya lapangan pekerjaan menjadi salah satu tujuan dari kewirausahaan di Indonesia yang bisa mengurangi pengangguran. Pengembangan kewirausahaan pada generasi muda merupakan keharusan untuk membuat indonesia lebih maju dan mandiri dikarenakan salah satu kunci untuk memajukan satu negara adalah jumlah wirausaha suatu negara minimal memiliki 2 persen dari total populasi. Sedangkan, saat ini jumlah wirausaha Indonesia masih kurang dari 2 persen atau sebanyak 700 ribu orng, masih dibutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru sehingga bisa menjadi penopang perekonomian (Irawad).

Menurut (Nishata :2008) kewirausahaan seseorang dipengaruhi faktor internal berasal dari dalam diri wirausahawan dapat berupa sifat, maupun faktor umur, jenis kelamin, pengalaman kerja, latar belakang keluarga dan lain-lain yang dapat mempengaruhi prilaku kewirausahaan seseorang dalam membentuk kemampuan seseorang. Sedangkan pendidikan kewirausahaan yang di dapat di perkuliahan tidak hanya memberikan landasan teoritis mengenai konsep kewirausahaan tetapi membentuk sikap, motivasi bahkan perilaku dan pola pikir (mindset) seorang wirausahawan (entrepreneur) sehingga mengarah kepada kemampuan kewirausahaan mahasiswa. Pendidikan kewirausahaan dapat meningkatkan kemampuan kewirausahaan dalam diri para mahasiswa kemudian didukung oleh faktor sikap, sedangkan pengertian sikap itu sendiri merupakan penentuan pola perilaku. Keduanya berhubungan dengan persepsi, kepribadian, perasaan, dan sikap merupakan keadaan mental yang dapat dipelajari dari organisasi di tempat dia belajar. (Invancevic :2007).

Dengan merujuk pendapat David McClelland, seorang ilmuan dari Amerika Serikat menyatakan bahwa suatu negara dapat dikatakan makmur apabila minimal memiliki jumlah entrepreneur atau wirausahawan sebanyak dua persen dari jumlah populasi penduduknya, karena kewirausahaan memiliki peranan yang strategis dalam menciptakan pelaku bisnis dan perusahaan yang baru serta membuka lapangan kerja. Akan tetapi, Indonesia masih relatif sedikit wirausahawan dan kurang sebanding dengan jumlah populasi penduduknya. Kewirausahaan juga memainkan peranan yang penting bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Menurut penulis kewirausahaan merupakan suatu keinginan yang timbul dari dalam diri sendiri yang didukung oleh keahlian yang ada pada seseorang tersebut. Dengan demikian jika masing masing orang mengetahui kemampuan tentang potensi dirinya maka mereka tidak perlu takut untuk berwirausahaan.

Post by : Abas (Admin,PTIPD)

About Abas Wismoyo hernawan

Check Also

PNS HARUS BERJIWA ENTREPRENEUR

  Seorang wirausaha/entrepreneur umumnya mengalami banyak permasalahan dan krisis dalam usaha yang dibangunnya. Kesuksesan yang …