Home / Berita / UIN SUSKA PENGHASIL AKADEMISI ISLAMI

UIN SUSKA PENGHASIL AKADEMISI ISLAMI

Uin yang kita kenal sekarang pada mulanya adalah institut agama islam negeri sultan syarif qasim yang lebih dikenal dengan nama (IAIN Susqa), didirikan pada tanggal 19 september 1970 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 194 Tahun 1970. Dan diresmikan berdirinya oleh Menteri Agama Republik Indonesia K.H. Ahmad Dahlan berupa penandatanganan piagam dan pelantikan Rektor yang pertama, Prof. H. Ilyas Muhammad Ali.

IAIN Susqa pada mulanya berasal dari gabungan beberapa Fakultas Perguruan Tinggi Islam Swasta yang kemudian dinegerikan oleh pemerintah yaitu Fakultas Tarbiah Universitas Islam Riau di Pekanbaru, Fakultas Syariah Universitas Islam Riau di Tembilahan, dan Fakultas Ushuludin Masjid Agung An-Nur Pekanbaru. Dengan persetujuan yang diberikan pemerintah Daerah, maka Institut Agama Islam Negeri Pekanbaru ini diberi nama dengan Sultan Syarif Qasim, yaitu nama Sultan kerajaan Siak Sri Indrapura ke-12 atau yang terakhir, sekaligus Pejuang Nasional Asal Riau. Pada mulanya IAIN Susqa mengambil tempat perkuliahan di jalan cempaka di bekas sekolah cina, sekarang bernama Jl. Teratai, kemudian dipindahkan ke Mesjid Agung An-Nur. Lalu pada tahun 1973 barulah IAIN Susqa menempati kampus Jl. Pelajar (Jl. K.H Ahmad Dahlan sekarang) dan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah yang diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Riau saat itu Arifin Achmad, pada tanggal 19 Juni 1973. Ketika didirikan, IAIN Susqa hanya terdiri dari tiga Fakultas yaitu Fakultas Tarbiah, Fakultas Syariah dan Fakultas Ushuludin. Namun sejak tahun 1998 IAIN Susqa mengembangkan diri dengan membuka Fakultas Dakwah. Kembali lagi kebelakang, bahwa keinginan untuk memperluas bidang kajian di IAIN Susqa muncul melalui Seminar Cendikiawan Muslim (1985), Seminar Budaya Kerja dalam Perspektif Islam (1987), dan dialog ulama serta cendikiawan Se-propinsi Riau.

Berikutnya tiga tahun berturut-turut (1996,1997,1998) melahirkan rekomendasi Agar IAIN Susqa Pekanbaru membuka Program Studi baru (umum). Dan melalui keputusan rapat senat IAIN Susqa berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Suska, maka dilakukanlah persiapan secara bertahap dimulai pada tahun akademik 1998/1999 telah dibuka beberapa Program Studi Umum pada beberapa Fakultas seperti Program Studi Psikologi, Program Studi Manajemen dan manajemen Prusahaan dan Program Studi Ilmu komunikasi. Dengan berdirinya Program-program Studi dan Fakultas yang baru, maka dengan demikian pada Tahun akademik 2002/2003, IAIN Susqa sebagai Persiapan UIN Suska Riau telah mempunyai delapan Fakultas yang di antaranya Fakultas Tarbiah, Fakultas Syariah, Fakultas Ushuludin, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Sains Dan Teknologi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Peternakan.

Peningkatan Status IAIN Menjadi UIN dimaksudkan untuk menghasilkan Sarjana muslim yang mampu menguasai, mengembangkan dan menerapkan Ilmu ke-Islaman, ilmu pengetahuan dan teknologi secara integral, sekaligus menghilangkan pandangan sebelah mata antara ilmu keislaman dan ilmu umum. Selain itu UIN Suska sebagai Universitas Islam Negeri juga diharapkan mampu mencetak lulusan yang bisa bersaing dengan lulusan Universitas Umum lainnya sebagai bentuk kemajuan dunia saat ini. Oleh karna itu saat ini banyak sekali tenaga-tenaga ahli baik yang ad di instansi Pemerintah ataupun Swasta yang membutuhkan lulusan-lulusan yang tidak hanya kompeten dibidang umum akan tetapi juga kompeten dibidang Agama sebagai nilai tambah dalam kepribadian diri yang tentunya tercermin dalam lulusan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Pengembangan UIN Suska tidak hanya dilakukan pada bidang Akademik Semata, seperti melalui pembukaan Fakultas dan Program Studi baru. Akan tetapi pengembangan juga di lakukan dalam bentuk Fisik, Sarana dan Prasarana. Untuk memenuhi tercapainya Visi dan Misi UIN Suska Riau, yakni”Visi UIN Suska Riau Adalah mewujudkan Universitas Islam Negeri sebagai lembaga pendidikan tertinggi utama yang mengembangkan ajaran Islam, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara integral dikawasan Asia Tenggara Tahun 2013”. Dan dengan tercapainya Visi UIN Suska Riau dapat dilihat dari banyaknya mahasiswa-mahasiswa Luar Negeri yang melanjutkan pendidikannya di UIN Suska Riau, diantaranya seperti Mahasiswa Asal Malaysia, Mahasiswa Asal Singapura, Mahasiswa Asal Thailand, Mahasiswa Alal Vietnam Dll. Dengan terwujudnya Visi UIN Suska Riau di Tahun 203 ini, lantas tidak membuat UIN Suska Riau menjadi Puas dengan kinerjanya, akan tetapi ini menjadi awal untuk bangkitnya pendidikan Islam Khususnya di Indonesia sebagai pelopor Ilmu pengetahuan Islam di Asia Tenggara.

Misi untuk melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan sumberdaya manusia yang berkualitas secara akademik dan profesianal serta memiliki integritas pribadi sebagai sarjana muslim tentunya adalah sebuah langkah yang besar demi tercapainya kehidupan yang lebih baik di masyarakat yang memegang teguh nilai-nilai keislaman secara utuh, dengan mengembangkan paradigma ilmu yang memberikan penekanan pada rasa iman dan tauhid. Dengan berkembangnya paradigma masyarakat tentang pendidikan umum yang berlandaskan Agama islam UIN Suska atau yang dulunya di sebut IAIN Susqa tidak lagi di anggap sebelah mata oleh masyarakat dikarnakan hanya berfokus pada bidang pendidikan yang agamis, akan tetapi sebaliknya UIN Suska Riau telah bertranformasi menjadi sebuah Universitas Islam Negeri yang menjadikan pendidikan umum yang berlandaskan nilai-nilai Agama. Menjadi sebuah tolak ukur berhasilnya UIN Suska mencetak pribadi-pribadi luhur, sehingga UIN Suska Riau dapat di kenal hingga ke Asia Tenggara bahkan bukan tidak mungkin Universitas Islam Negeri Sultan syarif Kasim Riau ini untuk dapat dikenal di seluruh dunia.

Tercapainya tujuan tersebut bukanlah hal yang mudah dan singkat untuk di capai UIN Suska, akan tetapi UIN Suska senantiasa terus melakukan pengembangan dan pembenahan diri dari semua segi terutama di bidang SDM dan dalam lima Tahun terakhir Animo Masyarakat untuk melanjudkan pendidikan di UIN Suska Riau sangat tinggi hal ini terbukti dengan terus mengalaminya peningkatan yang signifikan jumlah pendaftar yang melebihi kuota yang di sediakan. Untuk itu Universitas Islam Negeri Riau kini tengah melakukan persiapan untuk membuka prodi-prodi umum baru yang dengan salah satunya pendirian Fakultas Kedoktoran.

Tentunya ini semua adalah sebuah konsekuensi yang harus segera diwujudkan untuk menjadikan UIN Suska sebagai Universitas yang terkemuka. Menyadari hal itu UIN Suska harus terus meningkatkan kualitasnya dengan berbagai program- program strategis yang harus diwujudkan dalam jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Di dalam jangka panjang UIN Suska telah menetapkan komitmen untuk menjadi “WORLD CLASS UNIVERSITY”, tentunya target dan tantangan yang tidak mudah serta perlu perjuangan semua unsur di dalamnya. Namun ini semua adalaha bagian yang harus dicapai demi mewujudkan keinginan menjadi perguruan tinggi yang eksis menghadapi perssaingan Global sekarang ini.

Kembali lagi bahwa sesungguhnya keberhasilan yang di capai UIN Suska Riau Saat ini bukan hanya di lakukan oleh unsur-unsur di dalamnya akan tetapi keberhasilan ini diraih juga berkat dukungan masyarakat yang percaya akan betapa pentingnya pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai ke-Islaman.

Post by        : Abas Wismoyo Hernawan (Admin, PTIPD)

About adminuin

Check Also

PNS HARUS BERJIWA ENTREPRENEUR

  Seorang wirausaha/entrepreneur umumnya mengalami banyak permasalahan dan krisis dalam usaha yang dibangunnya. Kesuksesan yang …