Home / Berita / Training dan Sertifikasi International Merupakan Bukti Komitmen PTIPD Untuk Mengembangkan Kualitas SDM

Training dan Sertifikasi International Merupakan Bukti Komitmen PTIPD Untuk Mengembangkan Kualitas SDM

berita

uin-suska.ac.id – Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN SUSKA Riau baru-baru ini melakukan Training dan Sertifikasi International secara gratis. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari Terhitung dari hari Kamis (20/10/2017) hingga Rabu (25/10/2017) di laboratorium computer PTIPD lantai 2 dan 3. Terdiri dari empat hari melakukan training atau pelatihan dengan para peserta mulai dari Kamis-Selasa dan test atau ujian pada hari Rabu.

Training dan Sertifikasi International diadakan oleh PTIPD bekerjasama dengan Multi Matic salah satu fendor training besar dari Jakarta. Multi Matic merupakan salah satu fendor Sertifikasi International di Indonesia seperti Microsoft dll. Ketua PTIPD Benny Sukma Negara ST, MT mengaku hal ini ia lakukan karena melihat dimana zaman yang sudah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) “MEA ini mengisyaratkan mewajibkan tidak hanya ijazah yang dipakai tapi kompetensi dan keahlian. Bahkan sekarang banyak perusahaan-perusahaan global merektur karyawannya tidak menanyakan ijazahnya apa tapi kompetensinya apa. Artinya apa? Ijazah dan nilai tidak lagi menjadi suatu kewajiban walupun di Indonesia itu masih wajib, tapi kalau ditanya keahliannya apa? Banyak sekali warga kita yang tidak mempunyai keahlian terutama dibidang Ilmu Teknologi. Melihat itu saya mencoba menjalin kerjasama dengan salah satu fendor Sertifikasi International yaitu Multi Matic” jelasnya.

Hasilnya ternyata didapat 40 peserta dari Mahasiswa Teknik Informatika. Selain itu pengajarnya pun dari dosen-dosen UIN SUSKA Riau yang sudah di training secara gratis juga di Jakarta. Melalui kerjasama ini setiap tahunnya PTIPD mengirim banyak dosen untuk ditraining secara gratis dengan menanggung transportasi dan akomodasi saja. Namun dengan kewajiban nantinya para dosen ini melatih para mahasiswa yang akan ikut training dan sertifikasi.

Mengenai mengapa diadakan sertifikasi ini, ketua PTIPD sendiri mengaku ini merupakan salah satu komitmen PTIPD untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia khususnya dibidang teknologi informasi. Kedepannya apakah nanti PTIPD akan terbuka kesempatan untuk jurusan lain? Ketua PTIPD Benny Sukma Negara tak menampiknya “Iya, tentu saja terbuka untuk jurusan lain sesuai bidang keilmuan. Namun sekarang memang focus ke ilmu-ilmu computer kedepannya mungkin bisa saja dilatih untuk sertifikasi lain yang bisa diadaptasi oleh berbagai macam jurusan.”

Harapan dari Ketua PTIPD terhadap mahasiswa yang mengikuti sertifikasi ini adalah agar ilmu dan sertifikat yang didapat mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya “Kami berharap setiap kegiatan yang kami lakukan dan kelola menghasilkan bukan hanya 1:1, tapi 1:10. Satu yang didapat sepuluh manfaat yang didapat. Selain itu kami juga berharap PTIPD ini bisa mnejadi Training Center kedepannya. Dan untuk para peserta mampu mengembakan dan membangun ilmu yang didapat dan menularkan kepada teman yang lain” tuturnya.

CrewPTIPD

About Abas Wismoyo hernawan

Check Also

Inspirasi Pendidikan

ptipd.uin-suska.ac.id- Sosok citra yang populer di kalangan anak muda. Seorang intelektual dan akademisi asal Riau …